KOMPARASI UNJUK KERJA PERALATAN SPEKTROFOTOMETER UV-VIS PERKIN ELMER LAMBDA 3 DENGAN HITACHI U-2900 PADA PENENTUAN TOTAL PHENOLIC CONTENT

  • Lia Agustin Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang
  • Rilla Agustina Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Komparasi dua alat Spektrofotometer dengan merk dan tahun pemakaian yang berbeda diperlukan untuk mengetahui unjuk kerja alat. Pengujian dilakukan pada penentuan kandungan fenolik total (TPC) metode Folin-Ciocalteu. Hasil analisa TPC dari dua alat spektrofotometer kemudian dikomparasi dengan menggunakan uji paired t-test. Uji paired t- test merupakan uji membandingkan rata-rata hasil pengujian dari kedua alat tersebut. Hasil pengujian dikatakan akurat apabila hasil keduanya tidak berbeda signifikan. Uji t berpengaruh positif dan signifikan apabila hasil perhitungan t hitung lebih besar dari t tabel (t- hitung > t- tabel). Hasil penelitian menunjukkan nilai d rata-rata sebesar 85.934, dan standar deviasi bernilai 51130.27368. Nilai tersebut digunakan untuk menghitung nilai t. Nilai t yang didapatkan sebesar 0,0053. Dengan nilai α sebesar 0,05 maka didapat t tabel sebesar 2,262. Karena nilai T-hitung < T-tabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat dikatakan kinerja hasil uji kedua alat sama.

Published
2020-01-01
How to Cite
[1]
Lia Agustin and Rilla Agustina, “KOMPARASI UNJUK KERJA PERALATAN SPEKTROFOTOMETER UV-VIS PERKIN ELMER LAMBDA 3 DENGAN HITACHI U-2900 PADA PENENTUAN TOTAL PHENOLIC CONTENT”, JTIA, vol. 1, no. 1, pp. 42-45, Jan. 2020.