PERENCANAAN JALUR SEPEDA DI JALAN SOEKARNO HATTA KOTA MALANG

  • Dwi Ratnaningsih Politeknik Negeri Malang
Keywords: jalur sepeda, jalan Soekarno Hatta, Fasilitas sepeda

Abstract

Fasilitas jalur khusus pengguna sepeda sangat diperlukan  untuk keamanan dan kenyamanan bersepeda Saat ini minat masyarakat untuk bersepeda sangat tinggi  baik untuk aktifitas olahraga, sekolah maupun ke kantor. Ruas Jalan Soekarno Hatta Kota Malang merupakan jalan yang mempunyai volume lalu lintas yang tinggi hal ini disebabkan disekitar jalan Soekarno Hatta merupakan daerah perumahan dan kawasan kampus Universitas Brawijaya dan kampus Politeknik Negeri Malang. Bagi pengguna sepeda jalan Soekarno Hatta merupakan jalur yang kurang nyaman karena belum ada jalur khusus untuk sepeda.

Penelitian ini bertujuan merencanakan studi  jalur sepeda di ruas jalan Soekarno Hatta Kota Malang sehingga pengguna sepeda dapat bersepeda dengan aman, nyaman dan tidak mengganggu kinerja ruas jalan Soekarno Hatta. Data primer yang dibutuhkan antara lain: volume lalu lintas, jumlah sepeda, geometrik jalan, kecepatan,rambu dan marka. Data Sekunder yang dibutuhkan antara lain : jumlah penduduk kota malang, peta lokasi.

Berdasarkan  analisa  sepeda yang melewati jalan Soekarno Hatta keperuntukkannya adalah untuk olahraga dan bukan untuk kargo  maka jalur sepeda didesain satu lajur yang terletak di sisi kiri dan sisi kanan badan jalan dan dipisahkan dengan  marka dengan lebar 1,20

Published
2022-10-14
How to Cite
[1]
Dwi Ratnaningsih, “PERENCANAAN JALUR SEPEDA DI JALAN SOEKARNO HATTA KOTA MALANG ”, JTIA, vol. 3, no. 2, pp. 125-129, Oct. 2022.