VALIDASI METODE ANALISA TOTAL FLAVONOID CONTENT MENGGUNAKAN SPECTROFOTOMETER UV/VIS JURUSAN TEKNIK KIMIA DI POLITEKNIK NEGERI MALANG

  • Rilla Agustina Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang
  • Lia Agustin Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang
  • Slamet Priyadi Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Suatu pengembangan metode analisis diperlukan untuk mengurangi oksidan atau radikal bebas. Oksidan dapat menimbulkan kerusakan sel, menjadi penyebab atau mendasari berbagai keadaan patologik, dan ikut berperan dalam proses penuaan (aging). Flavonoid serupa dengan antioksidan, yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh Anda, seperti dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Suplemen flavonoid juga diduga bisa mengurangi risiko kanker, hipertensi, dan diabetes. Pengujian terhadap kandungan Flavonoid Total metode AlCl3 menggunakan Spectrofotometer UV/Vis sangatlah perlu untuk di validasi. Perlunya validasi metode tersebut adalah untuk menentukan apakah seluruh tahap pengujian telah memenuhi standar yang ditetapkan. Hasil uji yang akurat adalah pencerminan dari pelaksanaan yang baik dari seluruh tahapan pengujian, maka: validasi metode dilakukan dengan cara menguji linieritas, presisi, akurasi, sampai LOD dan LOQ. Hasil penelitian menunjukkan linierisasi baik dengan nilai koefisien kolerasi (r) 0,9955, persen perolehan kembali sebesar 99,89%, batas deteksi sebesar 1,37 ppm dan batas kuantitas sebesar 0,516 ppm. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, metode Total Flavonoid Content metode AlCl3 menggunakan spektrofotometri UV/Vis telah memenuhi standar validasi dan dikatakan valid.

Published
2020-01-01
How to Cite
[1]
Rilla Agustina, Lia Agustin, and Slamet Priyadi, “VALIDASI METODE ANALISA TOTAL FLAVONOID CONTENT MENGGUNAKAN SPECTROFOTOMETER UV/VIS JURUSAN TEKNIK KIMIA DI POLITEKNIK NEGERI MALANG”, JTIA, vol. 1, no. 1, pp. 34-41, Jan. 2020.