SISTEM INFORMASI PREDIKSI KEBUTUHAN BAHAN MENTAH MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING

  • Muhammad Unggul Pamenang Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Yoppy Yunhasnawa Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Wahyu Devi Nur Hamidah Devi Politeknik Negeri Malang
Keywords: Peramalan, Time Series, Single Exponential Smoothing

Abstract

Rumah Makan Waroeng Sumber Gentong merupakan satu dari sekian banyak bisnis kuliner di kabupaten Malang yang cukup banyak digemari masyarakat. Namun Waroeng Sumber Gentong juga memiliki persoalan yang terjadi ialah rumah makan ini tidak dapat memperkirakan persediaan bahan mentah dimasa mendatang. Oleh karena itu Rumah Makan Waroeng Sumber Gentong perlu dilakukan suatu peramalan pada usaha bisnis kulinernya agar terhindar dari kurigian dimasa yang akan datang. Mengenai permasalahan yang terjadi diatas, metode yang cocok dalam studi kasus ini adalah Metode Single Exsponential Smoothing sebab metode ini tergolong dalam time series (runtut waktu) yang mempergunakan data masa lalu untuk mempredisi suatu dimasa akan datang. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah histori data bahan mentah 1.5 tahun , mulai Januari 2021 sampai Mei 2022. Berikutnya data diolah dengan metode Single Exsponential Smoothing. Dengan
menggunakan nilai alpha 0<α<1, untuk melakukan perbandingan dengan nilai alpha sampai ditemukan alpha dengan nilai error paling sedikit. Hasil pengujian untuk data bahan baku cabe rawit merah pada periode Januari 2022- Mei 2022 ditemukan nilai eror terkecil sebesar 7.31% menggunakan MAPE (Mean Absolute Percentage Error).

Published
2022-12-03
How to Cite
[1]
Muhammad Unggul Pamenang, Yoppy Yunhasnawa, and W. D. N. H. Devi, “SISTEM INFORMASI PREDIKSI KEBUTUHAN BAHAN MENTAH MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING”, JTIA, vol. 3, no. 1, pp. 22-26, Dec. 2022.