PERANCANGAN ALAT PENANAM BENIH JAGUNG BERBASIS INTERNET OF THINGS

  • Bima Gilang Lesmana Mahasiswa
  • M. Ardli Aqdama Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Zidan Shabira As Sidiq Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Arwin Datumaya Wahyudi Sumari Program Studi Magister Terapan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang
Keywords: Benih Jagung, Internet of Things, Mikrokontroler, Robot

Abstract

Untuk memperoleh produktivitas yang tinggi dalam menanam jagung, proses penanaman jagung merupakan faktor sangat penting yang harus diperhatikan. Proses penamanan jagung yang masih menggunakan cara manual akan menyebabkan angka produktifitas yang sama saja bahkan bisa menurun karena berbagai resiko seperti membutuhkan waktu lama, jarak tanam antar benih jagung yang tidak sama, dan masih menggunakan tenaga manusia. Maka dari itu tujuan penelitian ini membuat rancangan alat penanam benih jagung berbasis Internet of Things (IoT) yang dapat membantu dalam hal menanam jagung dengan menggunakan sistem penggerak roda alat yang memiliki sebuah wadah yang berisi benih jagung yang memiliki katup disetiap sisinya untuk melubangi tanah. Pada penelitian ini robot yang dibuat menggunakan mikrokontroller Arduino UNO, driver motor, sensor ultrasonik, Liquid Crystal Display (LCD) dan menggunakan smartphone dalam melakukan proses penanaman benih jagung. Pergerakan robot dikontrol dengan menggunakan smartphone dalam melakukan proses penanaman benih jagung, robot ini memiliki tiga proses yaitu melubangi tanah, penabur benih dan penutup tanah, semua itu diproses dalam mikrokontroller yang berfungsi sebagai otak pada robot yang dibuat dan nantinya robot akan terhubung kedalam mydevice cayenne dan dapat melakukan perintah sesuai keinginan kita di interface sistem cayenne.

Published
2022-12-03
How to Cite
[1]
B. G. Lesmana, M. Ardli Aqdama, Zidan Shabira As Sidiq, and Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, “PERANCANGAN ALAT PENANAM BENIH JAGUNG BERBASIS INTERNET OF THINGS”, JTIA, vol. 3, no. 1, pp. 6-14, Dec. 2022.