PEMANFAATAN INTENSITAS SINAR MATAHARI UNTUK PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER DAYA MENGGUNAKAN POWER INVERTER DC KE AC DAYA RENDAH

  • Koesmarijanto polinema
  • Azam Muzakhim Imammudin Politeknik Negeri Malang
  • Hendro Darmono
Keywords: inverter, batere, charge controller, sel surya, efisiensi

Abstract

Energi bersih dan terbarukan dengan memanfaatkan intesitas sinar (energi) matahari pada sistem pembangkitan listrik tenaga surya. Sel surya dapat mengubah secara langsung energi sinar matahari dari diatomik menjadi energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dirancang sesuai kebutuhan dari skala rumah tangga sampai skala besar dengan teknologi yang mudah diadopsi oleh masyarakat. Energi matahari yang dikonversikan menjadi energi listrik dengan memanfaatkan panel surya digunakan sebagai energi alternatif yang dimanfaatkan untuk perumahan yang berada di daerah terpencil atau untuk keperluan yang lain. Tujuan penelitian ini mendesain sistem pembangkit tenaga surya dengan daya rendah untuk daerah yang belum terjangkau oleh aliran listrik atau memanfaatkan energi panel surya saat aliran listrik kondisi padam. Hasil variabel uji penelitian ini adalah tegangan yang dihasilkan kondisi konstan pada aki sebesar 12 Volt untuk mendorong inverter power dc ke ac menjadi tegangan 220 Volt. Tegangan Panel Surya sesuai spesifikasi tanpa beban (open circuit) sebesar 21,8 V dan diukur sebesar 19,8 V kondisi siang hari (cerah) jam 12.30 wib, sedangkan tegangan aki sebesar 12,61 V tanpa beban. Tegangan panel surya sebesar 19,8 V dibebani aki mengalami penurunan menjadi  14,4 V pada Solar Charge Controller, . Efisiensi panel surya sebesar 16,83 %.

Published
2021-01-28
How to Cite
[1]
Koesmarijanto, A. Muzakhim Imammudin, and H. Darmono, “PEMANFAATAN INTENSITAS SINAR MATAHARI UNTUK PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER DAYA MENGGUNAKAN POWER INVERTER DC KE AC DAYA RENDAH”, JTIA, vol. 2, no. 1, pp. 24-28, Jan. 2021.