ANALISIS SENTIMEN PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 PADA KOMENTAR FACEBOOK

  • Irsyad Arif Mashudi Politeknik Negeri Malang
  • Sofyan Noor Arief
Keywords: Analisis Sentimen, COVID-19, Media Sosial

Abstract

Masyarakat banyak yang menggunakan sosial media sebagai sumber berita. Diantaranya, Facebook masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat. Hal ini berlaku juga dengan berita terkait COVID-19. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengikuti perkembangan berita tentang COVID-19 melalui Facebook. Dengan mengikuti di Facebook, masyarakat dapat menanggapi dan berkomentar terhadap isu-isu terrkait COVID-19. Saat ini, sudah banyak tanggapan yang dapat dilihat terkait COVID-19.

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis sentimen komentar warganet terkait perkembangan kasus COVID-19. COVID-19 masih akan berada di tengah masyarakat dalam waktu lama. Karena itu, kewaspadaan masyarakat juga perlu dijaga. Hal ini dilakukan agar dapat mempercepat berakhirnya pandemi ini. Tingkat kewaspadaan itu salah satunya tercermin dari komentar masyarakat terhadap perkembangan COVID-19. Komentar yang ada dapat dilakukan analisis sentimen yang mencerminkan kewaspadaan masyarakat terhadap kasus COVID-19.

Empat model telah dibuat untuk melakukan hal ini. Hasilnya, keempat model menghasilkan analisis sentimen yang berbeda-beda. Model Naïve Bayes dengan tingkat akurasi tertinggi lebih banyak mendeteksi sentimen negatif. Sebaliknya, model Random Forest yang lebih netral lebih banyak mendeteksi sentimen positif. Hasil klasifikasi ini dapat digunakan pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait COVID-19

Published
2021-01-28
How to Cite
[1]
I. A. Mashudi and S. N. Arief, “ANALISIS SENTIMEN PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 PADA KOMENTAR FACEBOOK”, JTIA, vol. 2, no. 1, pp. 5-9, Jan. 2021.