ANALISIS PERBANDINGAN MODEL COST231-HATTA DAN WALFISCH IKEGAMI SEBAGAI FORMULA LINK BUDGET PADA LINTAS KOMUNIKASI DOWN LINK BASE STATION

  • Aisah Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang
  • Moh. A. Anshori Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang
  • Kristina Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang
  • Ahmad Nur Siswanto Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Analisis perhitungan dan pengukuran untuk membandingkan Model Okumura-Hatta, Cost231-Hatta dan Walfisch Ikegami sebagai formula link budget pada lintas komunikasi down link base station, perhitungan menggunakan data dari salah satu operator di Indonesia wilayah Malang. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai suatu masukan atau rekomendasi bagi operator seluler/vendor sebagai bahan pertimbangan bagi operator menggunakan formula link budget untuk memprediksi rugi-rugi propagasi yang tepat dengan teknologi yang digunakan dan disesuaikan dengan morfologi. Parameter yang dianalisis adalah radius sel sebagai jarak maksimal yang dapat dijangkau oleh base station. Perbandingan nilai radius sel hasil perhitungan dan pengukuran dianalisis untuk mengetahui hasil yang mendekati dengan nilai yang sebenarnya. Perhitungan link budget coverage area menggunakan 3 model, yaitul Okumura-Hatta untuk menghitung coverage area sistem GSM, Cost-231 Hatta untuk sistem DCS, dan Walfisch Ikegami untuk sistem UMTS 2100. Pengukuran menggunakan drive test untuk mengukur level daya sinyal yang dipancarkan oleh base station. Hasil drive test diperoleh nilai radius sel terjauh adalah 980 m dan nilai level daya sebesar -91 dBm, sedangkan hasil perhitungan nilai radius sel nilai yang mendekati dengan nilai pengukuran adalah model Walfisch Ikegami nilai radius sel sebesar 1,06 km dan 1,05 km dan nilai level daya sebesar - 90 dBm.

Published
2020-07-01
How to Cite
[1]
Aisah, Moh. A. Anshori, Kristina, and Ahmad Nur Siswanto, “ANALISIS PERBANDINGAN MODEL COST231-HATTA DAN WALFISCH IKEGAMI SEBAGAI FORMULA LINK BUDGET PADA LINTAS KOMUNIKASI DOWN LINK BASE STATION”, JTIA, vol. 1, no. 2, pp. 114-118, Jul. 2020.